RSS

ISTILAH-ISTILAH KOMPUTER

07 Apr

MOTHERBOARD Atau disebut sebagai mb itu, mainboard, mobo, mobd, backplane board, planar board, atau papan sistem. The Motherboard adalah sebuah sirkuit cetak yang adalah dasar dari komputer dan memungkinkan CPU, RAM, dan semua komponen perangkat keras komputer lainnya berfungsi dengan satu sama lain

BIOS Kependekan dari Basic Input / Output System, adalah sebuah chip BIOS terletak pada semua motherboard komputer yang berisi petunjuk dan pengaturan untuk boot sistem anda bagaimana seharusnya dan bagaimana beroperasi. Ke kanan adalah gambar dari apa yang chip BIOS mungkin tampak seperti di komputer Anda.

BIOS berisi petunjuk tentang cara memuat perangkat keras komputer dasar dan termasuk tes disebut sebagai POST (Power On Self Test) yang membantu memverifikasi komputer memenuhi persyaratan untuk boot dengan benar. Jika komputer tidak lulus POST, Anda akan menerima kombinasi berbunyi ‘bip’ menunjukkan apa yang rusak dalam komputer.

Pada kebanyakan PC, BIOS memiliki 4 fungsi utama:

POST – Test perangkat keras komputer, perangkat keras memastikan benar berfungsi sebelum memulai proses loading sistem operasi. Informasi tambahan tentang POST dapat ditemukan di / halaman POST Beep Codes.

Bootstrap Loader – Proses mencari sistem operasi. Jika sistem operasi mampu berada, BIOS akan lulus kontrol untuk itu.

BIOS - Software / Driver bahwa antarmuka antara sistem operasi dan perangkat keras Anda. Saat menjalankan DOS atau Windows Anda menggunakan lengkap dukungan BIOS.

BIOS / CMOS Setup – Konfigurasi program yang memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi pengaturan perangkat keras termasuk pengaturan sistem seperti password komputer, waktu, dan tanggal.

CMOS Atau disebut sebagai Real Time Clock (RTC), Non-Volatile RAM (NVRAM) atau CMOS RAM, CMOS adalah singkatan Pelengkap Metal-Oxide Semiconductor. CMOS adalah semikonduktor on-board chip diaktifkan oleh baterai CMOS di dalam komputer yang menyimpan informasi seperti sistem waktu dan tanggal dan pengaturan perangkat keras sistem untuk komputer Anda. Sebuah CMOS mirip dengan PRAM Apple Macintosh komputer. Ke kanan adalah gambar dari baterai CMOS pada motherboard komputer IBM kompatibel dan baterai CMOS yang paling umum Anda mungkin menghadapi dengan komputer Anda.

Umur standar baterai CMOS adalah sekitar 10 Tahun. Namun, hal ini dapat bervariasi tergantung pada penggunaan dan lingkungan bahwa komputer berada.

Dual BIOS Sebuah motherboard komputer yang berisi dua chip BIOS, yang utama BIOS dan backup BIOS. Ini setup motherboard Motherboard membantu memulihkan dari masalah apapun yang mungkin terjadi selama update BIOS, membantu melindungi BIOS dari virus potensial, dan membantu dengan isu-isu lain yang mungkin timbul berkaitan dengan BIOS.

CHIPSET Sebuah kelompok yang ditunjuk oleh microchip yang dirancang untuk bekerja dengan satu atau lebih fungsi-fungsi terkait yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987. Ketika mengacu pada chipset motherboard utama seperti Intel chipset, chipset ini umumnya akan meliputi fungsi dari CPU, PCI, ISA, USB, dll Contoh chipset Intel adalah i820 atau Intel 820 chipset.

SOUTHBRIDGE
Sirkuit terpadu (umumnya Intel atau VIA) pada motherboard yang bertanggung jawab untuk controller hard disk drive, I / O controller terintegrasi dan hardware seperti kartu suara atau kartu video jika ada pada motherboard. Southbridge mendapat namanya untuk umum menjadi Selatan bus PCI. Di bawah ini adalah ilustrasi grafis dari motherboard P5AD2-E ASUS dan beberapa penjelasan dasar dari masing-masing bagian utama dari motherboard termasuk Southbridge. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, hal yang biasa untuk Northbridge dan Southbridge untuk memiliki heatsink, di samping itu, Northbridge biasanya sedikit lebih besar dari Southbridge.

Beberapa motherboard baru telah menggantikan Northbridge dan Southbridge dengan IHA.

IHA kependekan untuk Intel Hub Architecture, IHA merupakan pengganti Northbridge dan Southbridge ditemukan di motherboard komputer. IHA ditemukan pada semua chipset Intel 800 series, dan banyak seperti pendahulunya, IHA memiliki dua bagian, GMCH dan ICH.

The GMCH, atau AGP Memori Grafis dan Kontrol Hub untuk jangka pendek, mirip dengan Northbridge dan membantu mengontrol AGP dan memori.

ICH, atau I / O Controller Hub untuk jangka pendek, mirip dengan Southbridge dan bertanggung jawab untuk port I / O dan controller PCI.V

NORTHBRIDGE Sirkuit terpadu (umumnya Intel atau VIA) yang bertanggung jawab untuk komunikasi antara antarmuka CPU, AGP, PCI, dan memori. Northbridge yang mendapatkan namanya untuk umum menjadi Utara dari bus PCI. Di bawah ini adalah ilustrasi grafis dari motherboard P5AD2-E ASUS dan beberapa penjelasan dasar dari masing-masing bagian utama dari motherboard, termasuk Northbridge. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, hal yang biasa untuk Northbridge dan Southbridge untuk memiliki heatsink, di samping itu, Northbridge biasanya sedikit lebih besar dari Southbridge.

AC’97 kependekan untuk Audio Codec, AC’97 merupakan komponen Intel audio yang terintegrasi ke dalam chipset Intel yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997. Pada tahun 2004, AC’97 digantikan oleh Intel HD Audio.

AGP Kependekan Dipercepat Graphics Port, AGP port canggih yang dirancang untuk kartu video dan akselerator 3D. Dirancang oleh Intel dan dikeluarkan pada bulan Agustus 1997 AGP memperkenalkan saluran point-to-point khusus sehingga kontroler grafis dapat langsung mengakses memori sistem. Berikut ini adalah gambaran dari apa yang slot AGP mungkin terlihat seperti pada motherboard Anda.

Slot AGP

Saluran AGP 32-bit yang luas dan berjalan pada 66 MHz. Hal ini berarti total bandwidth 266 MBps, yang jauh lebih besar dari bandwidth PCI hingga 133 MBps. AGP juga mendukung dua mode lebih cepat opsional, dengan throughput 533 MBps dan 1,07 Gbps. Juga memungkinkan tekstur 3-D untuk disimpan dalam memori utama daripada memori video.

Setiap komputer dengan dukungan AGP baik akan memiliki satu slot AGP atau on-board AGP video. Jika Anda membutuhkan lebih dari satu kartu video di komputer, Anda dapat memiliki salah satu kartu video AGP dan satu kartu PCI video atau menggunakan motherboard yang mendukung SLI.

Tip Tidak semua sistem operasi dukungan AGP karena terbatas atau tidak ada dukungan driver. Sebagai contoh, Windows 95 tidak memasukkan dukungan AGP. Lihat halaman Windows versi untuk informasi tentang versi Windows yang mendukung AGP.

BUS Ketika mengacu ke komputer, bus juga dikenal sebagai bus alamat, bus data, atau bus lokal sambungan data hubungan antara dua atau lebih perangkat yang terhubung ke komputer. Sebagai contoh, bus memungkinkan prosesor komputer untuk berkomunikasi dengan memori atau kartu video untuk berkomunikasi dengan memori.

Bus adalah mampu menjadi paralel atau serial bus dan hari ini semua komputer menggunakan dua jenis bus, bus internal atau lokal dan bus eksternal. Sebuah bus internal memungkinkan komunikasi antar komponen internal seperti kartu video komputer dan memori dan sebuah bus eksternal yang mampu berkomunikasi dengan komponen eksternal seperti USB atau perangkat SCSI.

Sebuah komputer atau bus speed perangkat atau throughput selalu diukur dalam bit per detik atau megabyte per detik.

FSB Kependekan dari Front Side Bus, FSB juga dikenal sebagai Bus Processor, Memory Bus, atau Sistem Bus dan menghubungkan CPU dengan memori utama dan digunakan untuk terhubung ke komponen lain dalam komputer. FSB dapat berkisar dari kecepatan 66 MHz, 133 MHz, 100 MHz, 266 MHz, 400 MHz, dan sampai. FSB sekarang lain pertimbangan penting ketika melihat membeli komputer Motherboard atau komputer baru.

Kecepatan FSB umumnya dapat diatur baik menggunakan sistem BIOS atau dengan jumper yang terletak pada motherboard komputer. Sementara kebanyakan motherboard akan memungkinkan Anda untuk mengatur FSB untuk setting apapun, pastikan bahwa FSB benar diatur kecuali anda berencana untuk Overclock komputer.

Isu-isu seperti penguncian perangkat keras, korupsi data atau kesalahan lain yang mungkin timbul dengan hardware yang lebih tua, seperti kartu SCSI lama dan sebuah front side bus yang lebih baru seperti motherboard dengan FSB 100MHz. Verifikasi kompatibilitas komponen anda dengan motherboard anda atau Motherboard kecepatan FSB. Selain itu, pastikan FSB benar disusun; overclocking komputer juga dapat menyebabkan masalah ini.

IDE Kependekan Terpadu Drive Electronics atau IBM Disc Electronics, IDE adalah lebih dikenal sebagai ATA atau PATA dan merupakan antarmuka standar untuk IBM hard drive yang kompatibel. IDE berbeda dari Small Computer Systems Interface (SCSI) dan Enhanced Small Device Interface (ESDI) karena kontroler yang berada di setiap drive, yang berarti drive dapat terhubung langsung ke motherboard atau controller. IDE dan penggantinya diperbarui, Enhanced IDE (EIDE), adalah antarmuka drive yang paling umum ditemukan di komputer IBM kompatibel hari ini. Berikut adalah gambar dari konektor IDE yang sebenarnya di bagian belakang hard disk drive, suatu gambaran dari apa yang terlihat seperti kabel IDE, dan saluran IDE terhubung ke pada motherboard.

ISA kependekan untuk Industri Standard Architecture, ISA diperkenalkan oleh IBM dan pada awalnya komputer 8-bit bus yang kemudian diperluas ke bus 16-bit pada tahun 1984. Ketika bus ini awalnya dirilis itu adalah bus milik, yang memungkinkan hanya IBM untuk menciptakan peripheral dan antarmuka yang sebenarnya. Namun, produsen lain di awal 1980-an adalah menciptakan bus.

Pada tahun 1993, Intel dan Microsoft memperkenalkan bus PnP ISA yang memungkinkan komputer untuk secara otomatis mendeteksi dan setup ISA komputer peripheral, seperti modem atau kartu suara. Menggunakan teknologi PnP, end-user akan memiliki kemampuan menghubungkan perangkat dan tidak harus mengkonfigurasi perangkat menggunakan jumper atau dipswitch.
Banyak komputer sekarang ini tidak lagi termasuk slot ISA dan sebagai gantinya menggunakan lebih slot PCI dan AGP. Di bawah ini adalah suatu grafik dari apa kartu ekspansi ISA mungkin terlihat seperti serta slot yang menghubungkan ke pada motherboard.

PCI Kependekan dari Peripheral Component Interconnect, PCI diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1992, direvisi pada tahun 1993 menjadi versi 2.0, dan kemudian direvisi pada tahun 1995 untuk PCI 2.1 dan sebagai perluasan ke bus ISA. Berikut merupakan ilustrasi grafik dari slot PCI pada motherboard.

PCI slot Bus PCI adalah bus komputer 32-bit yang juga tersedia sebagai bus 64-bit dan yang paling umum ditemukan dan digunakan bus komputer di komputer saat ini.

PCI Express Awalnya dikenal sebagai 3rd Generation I / O (3GIO), PCI Express, atau PCIe, telah disetujui sebagai standar pada bulan Juli 2002 dan merupakan bus komputer ditemukan di komputer. PCI Express dirancang untuk menggantikan PCI dan AGP dan tersedia dalam beberapa format yang berbeda: x1, x2, x4, x8, x12, x16 dan x32.

ATAPI Kependekan AT Attachment Packet Interface, ATAPI adalah perluasan untuk ATA yang memungkinkan dukungan untuk perangkat seperti CD-ROM drive, tape drive dan peripheral komputer lainnya dan tidak hanya hard disk drives. Sebelum peluncuran ATA-4 atau ATAPI-4, ATAPI adalah standar yang berbeda dari ATA.

RAID DroboShort dari Redundant Array of Inexpensive Disks, RAID adalah berbagai macam hard disk drive terhubung dan setup dengan cara-cara untuk membantu melindungi atau mempercepat kinerja penyimpanan disk komputer. RAID biasanya digunakan pada server dan komputer kinerja tinggi. Untuk sebelah kanan adalah gambar seorang Drobo dan contoh perangkat menggunakan teknologi RAID. RAID menggunakan beberapa teknik yang digunakan pada RAID seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Spanning / Software Striping Memisahkan informasi dan menulis itu di beberapa disk drive fisik. RAID 0 menggunakan teknik ini

Mirroring Duplikasi data dari satu disk drive yang lain.

Duplexing Duplikat drive disk serta disk controller.

Deferred Data cache dalam memori cache dan menulis ke drive hard disk sebagai disk drive tersedia.

Hot Swapping Gagal disk drive bisa diganti dan data dapat ditempatkan kembali ke disk drive sedangkan sisa sistem beroperasi

Hot Sparing Disk drive secara otomatis diinisialisasi ke dalam array saat lain gagal.

Spindle Sinkronisasi Sinkronisasi rotasi semua drive disk dalam array informasi yang memungkinkan untuk ditulis sekaligus.

Versi RAID

RAID 0

Software pengupasan dan Blok Interleave (minimal 2 drive diperlukan). Data ditulis untuk setiap drive berturut-turut, setiap blok pergi ke drive yang tersedia berikutnya sehingga data didistribusikan di seluruh drive array (striping) menyediakan operasi lebih cepat dan sedikit kesempatan yang satu drive akan mendapatkan kelebihan beban dengan permintaan data. Volume tentu saja dapat menjadi jauh lebih besar daripada drive. Karena tidak ada redundansi disediakan, kegagalan satu drive akan membawa sistem bawah. Ini adalah tipe array tercepat dan paling efisien namun tidak menawarkan kesalahan-toleransi.

RAID 1

Disk Mirroring dan Duplexing (minimal 2 drive diperlukan). Drive digunakan dalam pasangan dan semua data ditulis identik untuk kedua drive. Setiap drive dapat duplexed dengan menjadi terhubung ke controller interface sendiri. Kegagalan dari satu drive tidak akan menurunkan sistem, bukan drive lainnya akan terus beroperasi. Tentu saja, dua drive sekarang digunakan untuk kapasitas penyimpanan setara dengan satu drive. Tidak ada mendapatkan kinerja dengan tingkat ini. Array pilihan untuk performa-kritis, lingkungan fault-tolerant. Selain itu, RAID-1 adalah pilihan hanya untuk kesalahan-toleransi jika tidak lebih dari dua drive yang diinginkan.

RAID 2

Data striping dan interleave bit. Data tertulis di masing-masing drive berturut-turut, satu bit pada suatu waktu. Checksum data dicatat dalam drive yang terpisah. Metode ini sangat lambat untuk disk menulis. Jarang digunakan saat ini sejak ECC tertanam di hampir semua drive disk modern.

RAID 3

Data striping dengan interleave bit dan pemeriksaan paritas. Tingkat ini mirip dengan tuas 2 tetapi lebih handal. Data striping dilakukan di seluruh drive, satu byte pada suatu waktu. Biasanya 4 atau 5 drive digunakan menyediakan sangat tingkat tinggi transfer data. Satu drive didedikasikan untuk menyimpan informasi paritas. Kegagalan satu drive dapat dikompensasi dengan menggunakan drive paritas untuk merekonstruksi isi drive gagal. Karena drive paritas diakses pada setiap operasi penulisan, penulisan data cenderung lebih lambat. Kegagalan dua drive atau lebih bisa menjadi masalah. Dapat digunakan pada data intensif atau lingkungan single-user, yang mengakses catatan sekuensial lama untuk mempercepat transfer data, bagaimanapun, RAID-3 tidak mengijinkan multiple I / O operasi menjadi tumpang tindih dan memerlukan disinkronkan-spindle drive untuk menghindari kinerja degradasi dengan catatan pendek.

RAID 4

Sun Blok data striping dengan pemeriksaan paritas. Seperti di level 3, RAID 4 menggunakan drive paritas tunggal dan striping blok data seperti pada RAID 0. Drive di tingkat fungsi RAID secara individual, dengan individu drive membaca blok data. Sebuah kegagalan kontroler akan tentu menjadi bencana besar. Tidak menawarkan keunggulan dibandingkan dengan RAID-5 dan tidak mendukung beberapa operasi menulis simultan.

RAID 5

Blok Sun, data striping dengan terdistribusi check-data pada semua drive. Yang satu digunakan untuk NetWare. Informasi paritas didistribusikan di semua drive. RAID 5 efisiensi naik sebagai jumlah meningkat disk. Anda dapat menggunakan suku cadang panas untuk membangun kembali drive gagal pada “fly”. Pilihan terbaik dalam lingkungan multi-user, yang tidak menulis kinerja sensitif. Namun, setidaknya tiga, dan banyak lagi biasanya lima drive, diperlukan untuk RAID-5 array.

RAID 6

Extension untuk RAID 5 yang menambahkan sistem file log terstruktur menyediakan pemetaan antara disk drive sektor fisik dan representasi logis mereka. Sebagai informasi tertulis tersebut akan ditempatkan untuk sequential sektor disk fisik.

RAID 10

Stripped array yang segmen adalah RAID 1 array dan berisi toleransi kesalahan yang sama seperti RAID 1. Tinggi I / O tingkat yang dicapai oleh pengupasan RAID 1 segmen. Excellent solusi bagi mereka mempertimbangkan RAID 1 sebagai RAID 10 memberikan performa tambahan menulis, bagaimanapun, adalah solusi yang sangat mahal.

RAID 53

Diimplementasikan sebagai bergaris 0 array RAID yang segmen array RAID 3. RAID 53 juga mengandung toleransi kegagalan yang sama dan overhead sebagai RAID 3. Excellent solusi bagi mereka mempertimbangkan RAID 3 sebagai RAID 53 menyediakan tambahan menulis kinerja, bagaimanapun, adalah solusi yang sangat mahal dan membutuhkan semua drive untuk memiliki sinkronisasi yang sama.

Apa itu RAID 0 / 1?

Beberapa produsen komputer dan RAID telah menciptakan skema sendiri label perangkat RAID mereka. Sebagai contoh, RAID 0 / 1 akan berarti bahwa itu menggabungkan striping RAID 0 dengan mirroring RAID 1.

SATA

Pendek untuk SerialATA, SATA 1.0 pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2001 dan merupakan pengganti untuk antarmuka ATA Paralel yang digunakan dalam komputer IBM kompatibel. SerialATA mampu memberikan 1.5Gbps (150Mbps) kinerja untuk setiap drive dalam array disk, menawarkan kompatibilitas ke belakang sudah ada perangkat ATA dan ATAPI, dan menawarkan solusi, kabel tipis kecil seperti terlihat pada gambar ke kiri. Kabel ini membantu membuat kabel lebih mudah routing dan menawarkan aliran udara lebih baik di komputer jika dibandingkan dengan kabel sebelumnya pita digunakan dengan drive ATA.

Selain menjadi solusi internal SATA juga mendukung drive eksternal melalui Eksternal SATA lebih dikenal sebagai eSATA. eSATA menawarkan keuntungan lebih banyak bila dibandingkan dengan solusi lainnya. Sebagai contoh, hot-swappable, mendukung kecepatan transfer lebih cepat dan tidak ada masalah bottleneck bila dibandingkan dengan lainnya solusi eksternal populer seperti USB dan Firewire, dan mendukung teknologi disk drive seperti SMART.

Sayangnya, bagaimanapun, eSATA memang memiliki beberapa kelemahan seperti tidak mendistribusikan listrik melalui kabel seperti USB, yang berarti drive akan memerlukan sumber daya eksternal dan hanya mendukung maksimum panjang kabel hingga 2 m. Karena kekurangan ini tidak berencana eSATA menjadi satu-satunya solusi eksternal untuk komputer.

SCSI

SCSI, diucapkan sebagai “Scuzzy”, adalah antarmuka yang paling umum digunakan kedua untuk disk drive yang pertama kali diselesaikan pada tahun 1982. Tidak seperti standar bersaing, SCSI mampu mendukung delapan perangkat, atau enam belas perangkat dengan Wide SCSI. Namun, dengan adapter SCSI host terletak di nomor ID 07 dan sepatu bot dari ID 00. Ini daun ketersediaan enam sambungan perangkat.

SCSI-1 adalah standar SCSI yang asli dikembangkan kembali pada tahun 1986 sebagai ANSI X3.131-1986. SCSI-1 yang mampu mentransfer hingga delapan bit kedua.

SCSI-2, disetujui pada tahun 1990, menambahkan fitur baru seperti Cepat dan Wide SCSI, dan dukungan untuk perangkat tambahan.

SCSI-3 telah disetujui pada tahun 1996 sebagai ANSI-X3.270 1996.

SCSI adalah standar untuk antarmuka paralel yang mentransfer informasi dengan kecepatan delapan bit per detik dan lebih cepat, yang lebih cepat dari rata-rata antarmuka paralel. SCSI-2 dan di atas mendukung hingga tujuh perangkat periferal, seperti hard drive, CD-ROM, dan scanner, yang dapat melampirkan ke port SCSI tunggal pada bus sistem. SCSI port dirancang untuk Apple Macintosh dan komputer Unix, tetapi juga dapat digunakan dengan PC. Walaupun SCSI telah populer di banyak pengguna lalu beralih ke drive SATA.

S.M.A.R.T.

kependekan untuk Analisis Self-Monitoring Pelaporan dan Teknologi, SMART, atau SMART, merupakan metode diagnostik awalnya dikembangkan oleh IBM dan diperkenalkan dengan spesifikasi-3 ATA yang saat itu disebut sebagai Analisis Kegagalan prediktif. Teknologi ini dikembangkan untuk drive mainframe IBM untuk memberikan peringatan lanjut kegagalan drive. Berdasarkan diagnostik, Compaq mengumumkan IntelliSafeTM, yang diserahkan kepada / ATA standar IDE komite dan standar yang dihasilkan bernama SMART

S.M.A.R.T. banyak analisis atribut mekanis; dari waktu ke waktu, beberapa kegagalan dapat diprediksi dengan mendeteksi jika hard disk bergerak keluar dari toleransi. Sementara itu S.M.A.R.T. teknologi dapat mendeteksi masalah-masalah yang akan datang, tidak semua kegagalan hard drive dapat diprediksi.

Beberapa produsen Hard Disk Drive Mayor sekarang termasuk Teknologi SMART dalam hard drive mereka disk adalah IBM, Western Digital, Maxtor, Quantum, Seagate dan Fujitsu

Partisi

Ketika mengacu ke drive harddisk komputer, partisi adalah suatu segmen hard drive yang terpisah dari bagian lain dari hard disk drive. Partisi membantu memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membagi hard disk drive komputer ke dalam drive yang berbeda atau menjadi bagian yang berbeda untuk beberapa sistem operasi untuk dijalankan pada drive yang sama.

Dengan tabel alokasi file lebih lama, seperti FAT16, menciptakan partisi-partisi yang lebih kecil memungkinkan drive hard disk komputer untuk menjalankan lebih efisien dan menghemat ruang disk lebih banyak. Namun, dengan tabel alokasi file baru, seperti FAT32, ini tidak lagi terjadi.

Partisi FAQ:
Informasi tentang cara membuat partisi dan menyiapkan drive pada Windows 2000, XP, dan di atas.
Informasi tentang membuat, menghapus (unpartition), atau menggunakan fdisk untuk memanipulasi partisi bisa ditemukan pada halaman fdisk kami.
Jika Anda ingin memperpanjang partisi, mengecilkan partisi, menggabungkan partisi, atau memanipulasi partisi yang bisa dilakukan melalui program partisi standar, kami akan merekomendasikan Anda melihat ke Partition Magic.

Selain utilitas untuk membuat partisi hard disk drive, ada ratusan jenis partisi yang berbeda. Di bawah ini adalah daftar dari beberapa partisi dan penjelasan singkat tentang mereka. Sementara semua partisi yang tersedia, mereka akan semua tidak tersedia di utilitas partisi Anda.
Partisi Deskripsi
AIX Partisi (Boot) Partisi digunakan dengan sistem operasi AIX.
Partisi boot Seperti yang didefinisikan oleh Microsoft sebuah partisi boot adalah partisi yang berisi file yang dibutuhkan untuk startup sistem. Juga lihat: Sistem Partisi
BSD / OS Partisi (OpenBSD) Partisi digunakan dengan sistem operasi BSD.
DOS (12-bit, 16-bit) Partisi Partisi digunakan dengan versi MS-DOS.
DOS Extended Partition Partisi yang diperpanjang dari satu atau lebih dari partisi MS-DOS asli.
DRDOS (Tersembunyi, Dijamin) Partisi digunakan dengan DR. Sistem operasi DOS.
Partisi Extended Partisi yang diperpanjang dari satu atau lebih partisi primer.
Hibernation Partisi Partisi digunakan dengan program hibernasi yang lebih tua.
Partisi HPFS (OS / 2 IFS) Partisi digunakan dengan IBM OS / 2 dan Microsoft NT 3.x
Linux (Linux native, Linux swap, Linux diperpanjang, ext2fs) Partisi digunakan dengan berbagai varian sistem operasi Linux.
MINIX Partisi digunakan dengan sistem operasi MINIX.
NON-DOS Partisi Bila menggunakan fdisk Microsoft partisi NON-DOS menunjukkan partisi yang tidak asli untuk sistem operasi Microsoft. Sebagai contoh, ini bisa menjadi partisi Linux.
NEC Partisi DOS digunakan dengan varian DOS NEC.
NeXTSTEP Partisi digunakan dengan sistem operasi nextstep.
Novell Netware Partisi digunakan dengan sistem operasi Novell Netware.
Partisi NTFS digunakan dengan Microsoft Windows NT 4.x, Windows 2000 dan Windows XP.
Partition Magic (PowerQuest) Partisi dibuat dengan menggunakan utilitas oleh PowerQuest Partition Magic.
Partisi PC-Armour diciptakan oleh utilitas keamanan PC Armour. Ketika menciptakan partisi ini biasanya dilindungi oleh password.
Primer Dalam sistem operasi Microsoft Partisi Primer biasanya merujuk ke partisi utama yang digunakan untuk sistem operasi Microsoft.
Solaris X86 Partisi digunakan dengan sistem operasi Sun Solaris platform X86.
Sistem Partisi Seperti yang didefinisikan oleh Microsoft sebuah partisi sistem adalah partisi yang berisi direktori system32. Juga lihat: Partisi Boot
Tandy DOS Partition digunakan dengan varian Tandy DOS.
Unix System V (SCO, IRIX, ISC, Unix, UnixWare, dll ..) Partisi digunakan dengan sistem operasi Unix berbagai.
VMWare (VMWare Swap) partisi yang digunakan oleh VMWare.
XENIX (XENIX / usr) Partisi digunakan dengan sistem operasi XENIX.

FDISK

Eff disk-(Diucapkan), fdisk merupakan utilitas MS-DOS eksternal yang digunakan untuk mengkonfigurasi komputer tetap disk drive. Dengan fdisk Anda dapat menghapus, membuat, dan partisi bagian yang berbeda dari hard drive. Fdisk pertama kali tersedia di MS-DOS 3.3x dan juga tersedia dalam semua versi sebelumnya dari Windows termasuk Windows 95, Windows 98 dan Windows ME. Dengan diperkenalkannya Windows XP utilitas baris perintah ini diganti dengan utilitas Disk grafis Windows Management dan pemulihan konsol perintah diskpart.

Format

Tata letak keseluruhan dokumen. Sebagai contoh, format teks pada dokumen bahasa Inggris banyak yang selaras di sebelah kiri halaman.
Format juga perintah MS-DOS yang mempersiapkan disket kosong atau hard disk dengan terlebih dahulu memformat disk untuk menyimpan data.

ScanDisk

Utilitas Microsoft dibeli dari Norton, yang sekarang Symantec yang telah disertakan dengan MS-DOS 6.2 dan di atas dan semua versi Microsoft Windows kecuali Windows NT. ScanDisk adalah utilitas perangkat lunak yang mampu memeriksa hard disk drive atau drive disket floppy untuk setiap kesalahan disk. Ketika kesalahan yang ditemui, ScanDisk akan menandai bagian-bagian dari disk untuk membantu mencegah informasi karena tidak ditulis dengan benar atau isu-isu potensial lainnya.

Berikut adalah contoh dari Windows ScanDisk ketika sedang berjalan dalam Microsoft Windows. Seperti dapat dilihat pada contoh berikut ini, ScanDisk memungkinkan Anda untuk memilih drive apa yang Anda ingin untuk memeriksa kesalahan dan kemudian status bar yang sederhana untuk menunjukkan kemajuan secara keseluruhan.

STORAGE DEVICEPerangkat penyimpanan
Perangkat penyimpanan DroboA adalah perangkat keras mampu menyimpan informasi. Ada dua perangkat penyimpanan yang digunakan dalam komputer, sebuah perangkat penyimpanan primer seperti RAM komputer dan perangkat penyimpanan sekunder seperti drive harddisk komputer. Pada gambar ke kanan, adalah contoh dari perangkat penyimpanan eksternal Drobo sekunder.

LBA kependekan untuk Large Block Addressing, LBA memungkinkan sebuah komputer PC untuk mengakses hard disk lebih besar dari 528MB.

LLF (Low Level Format)

Sebuah format awal dari sebuah hard drive yang menginisialisasi trek fisik pada permukaan atau disk internal. Para produsen drive biasanya melakukan format tingkat rendah pada hard disk sebelum dilepaskan dan tidak sesuatu yang perlu pengguna lakukan setelah mereka telah membeli drive.

Jika format tingkat tinggi (misalnya menjalankan perintah format MS-DOS) tidak akan selesai pada hard disk drive atau Anda sedang mencari informasi tentang bagaimana melakukan format tingkat rendah karena virus MBR atau karena tidak mampu untuk menghapus partisi, rutinitas debug dapat dilakukan pada komputer yang sering disebut sebagai format tingkat rendah. Hal ini rutin debug dapat ditemukan pada halaman debug rutin kami.

CLUSTER
1. Ketika mengacu ke drive hard disk, cluster atau unit alokasi file adalah bagian dikelola terkecil dari hard disk drive yang menyimpan file. Ukuran cluster hard disk drive dapat bervariasi oleh sistem operasi dan ukuran hard disk drive.

Karena setiap file dan direktori bahkan mengambil satu atau lebih kelompok, tergantung pada ukuran mereka, versi sebelumnya FAT memiliki potensi pemborosan ruang disk hard drive. Sebagai contoh, jika ukuran cluster 8k dan file 2k disimpan di komputer, 6K cluster yang akan sia-sia.

Masalah ini telah dikurangi dengan versi baru dari FAT telah dibuat tersedia seperti FAT32 yang membantu mengatasi masalah ini. Informasi tambahan tentang FAT32 dapat ditemukan pada halaman FAT32 kami.

Cluster dari computers2. Cluster A juga dapat digunakan untuk menentukan sekelompok komputer atau server yang memiliki pekerjaan sebagai satu. Membuat satu komputer besar daripada beberapa komputer yang lebih kecil. Ke kanan adalah contoh dari cluster komputer mountable rak di NCSA / University of Illinois.

Bad sektor

Gambar dari sektor hard drive sectorA buruk adalah setiap cacat atau cacat dengan drive harddisk komputer. Ketika menghadapi bad sector itu merupakan indikasi kuat bahwa hard disk drive gagal atau sudah buruk. Meskipun utilitas disk drive seperti Scandisk dapat menandai setiap sektor buruk yang akan dilewatkan, sangat disarankan bahwa drive sesegera mungkin. Pada gambar ke kanan, adalah contoh dari sektor di piring hard disk drive, seperti yang dapat dilihat sektor ini adalah sebagian dari rel tunggal.

BOOT SECTOR
Sektor pada drive komputer floppy disk, hard disk drive, atau drive lainnya disk bootable yang berisi menginstruksikan komputer tentang cara untuk boot dari drive. IBM PC disk drive memiliki berbagai jenis sektor boot, master boot record (MBR), yang merupakan sektor pertama dari disk drive keras yang porsi dan volume boot record (VBR), yang berisi informasi partisi pada awal setiap partisi .

Komputer boot sektor

Pada gambar di atas, adalah contoh dari apa partisi hard disk drive mungkin terlihat seperti dengan MBR dan sektor boot VBR. Dalam contoh ini, drive memiliki dua partisi, setiap partisi berisi VBR sendiri. Ketika BIOS tangan kontrol ke sektor boot, MBR mengambil kendali dan memulai proses boot dan mengacu VBR ke titik ke informasi partisi.

Defragmentation

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses reorganisasi data hard disk drive untuk membantu meningkatkan kemampuan mengakses data. Hard disk drive yang sangat terfragmentasi akan memakan waktu lebih lama untuk mengakses data, karena tersebar di drive dan tidak berlokasi di daerah pusat.

MBR

Kependekan dari Master Boot Record, MBR juga kadang-kadang disebut sebagai blok master boot sektor partisi dan master boot. MBR adalah sektor pertama dari hard disk drive komputer yang memberitahu komputer cara memuat sistem operasi, bagaimana hard drive dipartisi, dan cara memuat sistem operasi (s).

Komputer master boot record atau MBR

Pada gambar di atas, adalah contoh dari apa hard disk drive dipartisi seperti Mei. Dalam hal ini, MBR adalah bagian pertama dari hard disk drive komputer melihat setelah BIOS kontrol tangan ke drive bootable pertama. Berbeda VBR, ada selalu hanya akan menjadi maksimum satu MBR pada hard drive dipartisi.

MBR ini juga rentan terhadap virus boot sector yang dapat merusak atau menghapus MBR, yang dapat meninggalkan hard drive tidak dapat digunakan dan mencegah komputer dari boot up. Sebagai contoh, Stone Empire Monkey Virus adalah contoh dari virus MBR.

FAT

Kependekan Tabel Alokasi File, FAT adalah metode yang digunakan oleh sistem operasi Microsoft untuk melacak isi dari sebuah disk, meja ini adalah bagan dari nomor yang sesuai dengan alamat cluster pada hard drive.

FAT12: File Tabel Alokasi tertua yang menggunakan sistem biner 12-bit. Sebuah hard disk drive diformat menggunakan FAT12 dapat menggunakan maksimal sekitar 16.736.256 ukuran volume dan saat ini tidak lagi digunakan. Jika komputer Anda menjalankan Windows 95 atau di atas dan Anda FAT dalam FDISK sedang ditampilkan sebagai FAT12 kemungkinan hard disk Anda rusak, buruk atau memiliki virus komputer.

FAT16: FAT memanfaatkan sistem biner 16-bit. Umumnya ditemukan dengan Windows 3.x melalui Windows 95. FAT16, sedangkan menjadi usang oleh FAT32, masih sering ditemukan.

FAT32: Tabel Alokasi File Enhanced memanfaatkan sistem biner 28-bit, pertama kali digunakan pada Windows 95 OSR2 dan lebih lagi pada Windows 98, yang menghemat ruang disk dengan menggunakan 4k Cluster. Lihat FAT32 Halaman untuk diperpanjang informasi tentang FAT32.

NTFS kependekan untuk New Teknologi File System, NTFS adalah sistem berkas organisasi yang menyimpan dan mengakses informasi terletak pada Microsoft Windows NT, Windows 2000, Windows XP sistem operasi. NTFS menawarkan metode yang lebih baik dari perlindungan data dan recovery file dari versi sebelumnya FAT.

CPU Atau disebut sebagai prosesor atau mikroprosesor, CPU pertama kali dikembangkan oleh Intel pada tahun 1974 dan merupakan kependekan dari Central Processing Unit. CPU komputer yang bertanggung jawab untuk menangani semua instruksi dan perhitungan yang diterima dari komponen perangkat keras lain dalam program komputer dan perangkat lunak yang berjalan pada komputer.

L1 Chace Atau disebut L1 cache, cache primer, atau cache internal. Ketika mengacu pada prosesor komputer, cache L1 cache dibangun pada prosesor dan cache tercepat dan paling mahal dalam komputer.

L2 Kependekan Level 2 cache, L2 juga sering disebut sebagai sekunder cache atau cache eksternal. Tidak seperti layer 1 cache, L2 cache umumnya terletak pada motherboard, meskipun dengan prosesor baru yang paling itu sedang ditemukan pada prosesor. Ketika cache L2 ditemukan pada prosesor, jika cache ditemukan pada motherboard, dengan benar dikenal sebagai cache L3.

Pertama diperkenalkan dengan Intel Pentium dan komputer Pentium Pro. Dalam beberapa kasus ini diperlukan bahwa pengguna menginstal atau menginstal cache L2 opsional untuk dukungan L2.

L2 Cache pada komputer dapat berkisar dari 64KB ke 2MB dalam ukuran. Namun, versi awal Intel Celeron tidak memiliki L2 cache.

L3 Cache Cache ditemukan di motherboard bukan prosesor. Cache pada prosesor ini dikenal sebagai cache L2.
Komunikasi L3 atau L3 juga merupakan pemasok Intelijen, Pengawasan dan sistem Reconnaissance dan produk, mengamankan sistem komunikasi dan produk, komponen microwave, dan produk-produk ruang dan navigasi.

Overclock Istilah yang digunakan untuk menggambarkan metode setting komputer untuk melakukan lebih cepat dari kecepatan diiklankan dengan menetapkan atau mengubah jumper, dipswitch, pengaturan CMOS, update firmware, atau menggunakan utilitas perangkat lunak. Overclocking memungkinkan pengguna untuk mendapatkan peningkatan kecil (kadang-kadang besar) dalam meningkatkan kinerja dan umumnya dilakukan pada CPU atau kartu video.

Disarankan bahwa overclocking hanya dilakukan oleh pengguna komputer mutakhir atau pengguna menyadari risiko. Ketika overclocking komputer dimungkinkan untuk komputer mengalami kesalahan acak atau kemacetan yang berhubungan dengan panas. Ini akan membatalkan garansi pada perangkat keras dan mungkin komputer atau motherboard. Akhirnya, overclocking dapat kadang-kadang merusak dan bahkan menghancurkan komponen komputer.

Heat sink Komputer heat sink ad. perangkat elektronik yang menggabungkan baik kipas atau perangkat Peltier yang memungkinkan perangkat panas seperti prosesor untuk tetap tenang. Ada dua heatsink jenis: aktif dan pasif.

Heatsink aktif memanfaatkan kekuasaan dan biasanya tipe kipas atau beberapa perangkat pendingin Peltier lain. Jika Anda mencari untuk membeli heatsink aktif, direkomendasikan bahwa Anda membeli kipas dengan motor bola-bantalan yang sering bertahan lebih lama daripada bantalan lengan.

Heatsink pasif adalah 100% dapat diandalkan, karena mereka tidak memiliki komponen mekanis. Pasif heatsink terbuat dari aluminium radiator-bersirip yang membuang panas melalui konveksi. Untuk Pasif heatsink untuk bekerja dengan kapasitas penuh, dianjurkan bahwa ada aliran udara tetap bergerak di sirip. Ke kanan adalah gambar contoh dari heat sink yang bersifat aktif dan pasif.

Hyper-Threading

Kadang-kadang disingkat HT, Hyper-Threading adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Intel yang pertama kali diperkenalkan pada prosesor Xeon dan kemudian dimasukkan pada prosesor Intel Pentium 4. HT memungkinkan prosesor komputer untuk bekerja lebih efisien dengan memiliki kemampuan pengolahan dua set instruksi pada saat yang sama, sehingga terlihat seperti dua prosesor logikal. Selain itu, perangkat lunak yang telah ditulis untuk komputer prosesor dual atau multi prosesor komputer masih kompatibel dengan HT.

Catatan: Hyper-Threading tidak boleh bingung dengan HyperTransport, yang juga dapat disingkat HT.

HyperTransport

Kadang-kadang disingkat HT, HyperTransport adalah pengganti yang terbuka untuk komputer FSB dan jembatan lama lainnya dan bis awalnya dikembangkan oleh AMD dan pertama kali diperkenalkan April 2, 2001. Tidak menjadi bingung dengan Hyper-Threading, HyperTransport adalah nama kode Lightning Transfer Data (LDT) dan hari ini digunakan dalam komputer, server, dan peralatan lain performa tinggi jaringan dan komunikasi.

Rilis awal dari HyperTransport memiliki tingkat sinyal atas 1,6 GHz pada setiap pasangan kawat dan bandwidth agregat puncak 12.8Gbs.

LCD Dell Latitude D610 laptopShort untuk Liquid-Crystal Display, LCD adalah sebuah teknologi layar datar yang digunakan di laptop, ponsel, kalkulator dan menampilkan layar datar. Layar LCD yang terbuat dari dua lembar bahan polarisasi fleksibel dengan lapisan larutan kristal cair antara dua dan tersedia sebagai display, dual-scan, matriks aktif atau passive-matrix. Gambar di sebelah kanan adalah contoh dari sebuah komputer laptop Dell dengan LCD.

LCD tidak refresh seperti monitor CRT tradisional, Sebaliknya, tampilan dibuat dengan mengirimkan berbagai tegangan listrik ke sel-sel kristal cair menyebabkan kristal cair untuk menguraikan sebesar listrik yang diterapkan, menghasilkan 64 warna berbeda per sel.

OpenGL OpenGL adalah merek dagang dari Silicon Graphics Inc dan merupakan standar cross-platform untuk rendering 3D dan akselerasi 3D hardware pertama dikembangkan pada tahun 1992. OpenGL diperlukan dalam permainan komputer seperti Quake 3.

CrossFire Teknologi ATI yang memungkinkan dua kartu video yang mendukung teknologi CrossFire untuk berbagi beban kerja meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Codec kependekan untuk kompresi / dekompresi, codec adalah sebuah algoritma komputer atau khusus program yang mengurangi jumlah byte yang dikonsumsi oleh file yang besar. Codec sering digunakan dengan video didistribusikan melalui internet; codec mengaktifkan apa yang biasanya akan menjadi file video sangat besar untuk menjadi jauh lebih kecil. Pengguna akrab dengan file audio MP3 bisa memikirkan Divx atau XviD codec sebagai MP3 video.
Dalam komunikasi, codec adalah singkatan dari coder / decoder. Codec adalah chip yang decode konversi analog-ke-digital dan digital-ke-analog.

Untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan codec, pengguna harus men-download codec terbaru dari salah satu penyedia media player atau dari pengembang dari video atau file audio yang dimainkan.

Microsoft Windows 2000 dan pengguna XP dengan mudah dapat melihat codec audio dan video yang terinstal pada komputer mereka dengan membuka suara, video dan game kategori controller di Device Manager.

Dualview Sebuah fitur ditemukan pada banyak komputer laptop dan beberapa adapter layar high-end yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan apa yang sedang ditampilkan pada laptop mereka untuk ditampilkan pada layar perangkat eksternal yang terhubung ke laptop, seperti layar, monitor panel datar, atau proyektor. Di samping itu banyak komputer yang dualview dukungan juga dapat digunakan untuk memperluas tampilan secara horizontal atau vertikal.

Pengguna komputer Laptop: Sekali layar eksternal telah terhubung ke laptop yang mendukung modus dualview, jika layar eksternal tidak secara otomatis mulai bekerja Anda mungkin harus menekan tombol fungsi pada keyboard laptop untuk mengaktifkan / menonaktifkan mode dualview atau untuk mengatur itu.

Active Matrix Layer Atau disebut sebagai Thin Film Transistor (TFT) dan LCD aktif-matriks (AMLCD), layar active-matrix adalah liquid crystal display (LCD) pertama kali diperkenalkan dengan ThinkPad IBM pada tahun 1992. Dengan menampilkan matriks aktif, setiap pixel dikontrol oleh 1-4 transistor yang dapat membuat layar lebih cepat, lebih cerah, lebih berwarna dari passive-matrix, dan mampu menjadi dilihat pada sudut yang berbeda. Karena teknologi ini ditingkatkan, layar active-matrix seringkali lebih mahal tapi lebih baik kualitas daripada layar matriks pasif.

Sementara menampilkan matriks aktif memiliki tampilan yang tajam karena setiap pixel memiliki transistor sendiri, Anda akan menemukan bahwa ketika lari baterai yang daya saluran air lebih cepat. Juga, karena jumlah transistor, ada lebih banyak kesempatan untuk piksel mati.

Sebagai kesimpulan, matriks aktif mungkin memiliki kekurangan seperti teknologi apapun. Namun, masih direkomendasikan oleh sebagian besar atas teknologi dual-scan.

XGA Kependekan eXtended Graphics Array, XGA diperkenalkan pada tahun 1990 dan upgrade IBM dengan standar video VGA. Dengan resolusi 1.024 piksel horizontal dengan 768 piksel vertikal dan 256 warna, itu adalah standar proprietary.

WXGA Kependekan Wide XGA, WXGA adalah resolusi video yang mendukung resolusi maks 1366 pixel horizontal dengan 768 piksel vertikal

Dead Pixel Istilah yang digunakan untuk menggambarkan satu atau lebih piksel yang tidak lagi menyala atau tetap perubahan satu warna dan tidak pernah. Isu ini tidak umum untuk monitor komputer, namun umumnya dialami pada layar LCD laptop dan display panel datar.

Degauss berasal dari Johann Gauss yang adalah seorang matematikawan yang belajar dan bekerja dengan medan elektro-magnetik. Degauss adalah metode menghapus media magnetik dan penghapusan sisa-sisa sinyal terekam sebelumnya. Proses degauss dicapai dengan lewat media magnetik melalui medan magnet yang lebih kuat daripada media itu sendiri dalam rangka mengatur ulang partikel magnetik.

Degaussing pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris di WW 2. Kabel elektro-magnetik dimasukkan di dalam dan sekitar kapal perang masing-masing sebagai perlindungan terhadap ranjau magnet. Setiap kali kapal datang ke pelabuhan itu degaussed. Arus listrik dialirkan melalui kabel ini dan medan magnet dinetralkan, maka tambang magnetik menganggur.

Aspek rasio adalah area pandang layar, misalnya, monitor komputer yang paling umum dan televisi memiliki rasio aspek 4:3 atau 1.33:1. Namun, ini menampilkan populer monitor menjadi diganti dengan menampilkan layar lebar menggunakan rasio 16:9 atau 1,85:1 aspek.

Di bawah gambar, adalah contoh dari 1.33:1 dan 4:3 rasio aspek. Aspek rasio yang ditunjukkan di daerah putih memiliki luas kurang dari aspek rasio 1,85:1 ditampilkan pada tepi hitam. Seperti Anda juga dapat melihat, logo Komputer Hope.com ditampilkan pada aspek rasio 1.33:1 memotong tepi off. Namun, logo penuh menunjukkan jika menampilkan mampu menunjukkan rasio aspek 16:9 / 1,85:1.

Resolusi Monitor komputer resolution1. Kualitas gambar printer atau monitor. Dengan monitor, resolusi diukur dengan jumlah piksel horizontal dengan piksel vertikal atau dalam contoh ini 640 x 480. Ketika meningkatkan resolusi, peningkatan nilai, gambar menjadi lebih tajam, dan teks dan gambar menjadi piksel kecil karena lebih per-inch ditampilkan.

Sebagai resolusi meningkat persyaratan yang dibutuhkan oleh monitor dan kartu video juga meningkat. Dengan komputer lama dan resolusi hardware yang lebih tinggi banyak yang tidak didukung.

Refresh rate Atau disebut sebagai frame rate, laju pindai horizontal, frekuensi vertikal, atau frekuensi. Refresh rate adalah monitor CRT pengukuran dalam Hz yang menunjukkan berapa kali per detik gambar layar monitor diperbarui. Sebagai contoh, ketika mengatur refresh rate monitor ke 75 Hz, yang merupakan tarif Hz ditetapkan oleh VESA untuk setiap resolusi video di atas atau sama dengan 640×480, berarti bahwa komputer ini akan redraw layar 75 kali per detik.

Tingkat Refresh bawah 75 Hz dapat menghasilkan flicker yang sering tak terlihat yang dapat menyebabkan kelelahan mata setelah melihat panjang. Sementara beberapa kartu dapat mendukung setinggi 120 Hz, kadang bahkan lebih tinggi, dianjurkan Anda menjalankan 85-90 Hz; suku di luar 90 Hz menambah beban pengolahan tidak perlu mata. Akhirnya, LCD menampilkan tidak memiliki refresh rate, namun, jika Anda perlu untuk menyetel tingkat, nilai 40Hz atau 60Hz dapat digunakan.

Memori Lebih dikenal sebagai RAM, memori adalah lokasi dimana informasi disimpan yang saat ini sedang sedang digunakan oleh sistem operasi, program perangkat lunak, perangkat keras, atau pengguna.
Ini sangat umum bagi pengguna untuk membingungkan apa memori persis. Sebagai contoh, sebuah hard drive komputer bisa dianggap memori, tetapi lebih tepat disebut sebagai memori penyimpanan dan tidak. Bila Anda membuka program seperti browser Internet Anda bahwa program-load dari hard disk Anda ke dalam memori, yang memungkinkan program untuk beroperasi pada kecepatan yang jauh lebih cepat karena memori adalah jauh lebih cepat daripada hard disk drive. Apa pun yang Anda simpan pada komputer Anda seperti gambar atau video yang data dikirim ke drive hard disk untuk penyimpanan.
Ada dua memorytypes: memori volatile dan non-volatile. Volatile memori adalah memori yang kehilangan isinya ketika perangkat keras komputer atau kehilangan kekuasaan. Komputer RAM adalah contoh yang baik dari memori volatile. Memori non-volatile, kadang-kadang disingkat NVRAM, adalah memori yang isinya tetap meskipun daya yang hilang. CMOS adalah contoh yang baik dari memori non-volatile. Berikut ini adalah contoh gambaran memori komputer modul DIMM 512MB.

Virtual memory adalah metode menggunakan drive harddisk komputer untuk menyediakan memori tambahan untuk komputer. Segmen memori disimpan pada hard disk drive dikenal sebagai halaman. Bila segmen memori yang diminta yang tidak ada di memori yang dipindahkan dari memori virtual ke alamat memori yang sebenarnya

GUI kependekan untuk Graphical User Interface, GUI pertama kali dikembangkan di Xerox PARC oleh Alan Kay, Douglas Engelbart, dan sekelompok peneliti lain pada tahun 1981. Kemudian komputer Apple memperkenalkan Lisa, komputer pertama yang tersedia secara komersial pada tanggal 19 Januari 1983. Sebuah GUI menggunakan jendela, ikon, dan menu untuk melaksanakan perintah seperti membuka file, menghapus file, memindahkan file, dll dan meskipun banyak GUI Sistem Operasi dioperasikan dengan menggunakan mouse, keyboard juga dapat digunakan dengan menggunakan shortcut keyboard atau tombol panah.

Tidak seperti sistem operasi seperti baris perintah Unix atau MS-DOS, Sistem Operasi GUI jauh lebih mudah untuk end-user untuk belajar dan menggunakan perintah karena tidak perlu diketahui atau diingat. Karena kemudahan penggunaan, GUI Sistem Operasi telah menjadi sistem operasi yang dominan digunakan oleh pengguna-akhir hari ini.

Beberapa contoh dari Sistem Operasi GUI

Microsoft Windows 95
Apple System 7
Apple Mac OS.

Beberapa contoh dari antarmuka GUI

GNOME
KDE

Dual boot Istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah komputer yang menggunakan sistem operasi pada komputer yang sama. Menggunakan dual boot Anda bisa memiliki Windows 98, Windows 2000, dan sistem operasi lain pada komputer yang sama.

DOS kependekan dari disk operating system, DOS merupakan singkatan sering digunakan untuk menggambarkan MS-DOS.
DOS mengacu pada setiap sistem operasi yang berjalan dari sebuah disk drive. Hari ini, semua sistem operasi dapat dianggap disk operating system.

NTLDR kependekan untuk loader NT, NTLDR adalah program diambil dari boot sektor hard drive yang menampilkan Microsoft Windows NT startup menu dan membantu Microsoft Windows NT/2000/XP beban. Ini bagian dari urutan boot yang telah digantikan oleh Bootmgr pada Windows Vista dan versi Windows.

Bootmgr Penggantian NTLDR Windows, bootmgr adalah boot Windows urutan manajer pertama diperkenalkan di Microsoft Vista yang membaca data konfigurasi boot dan menampilkan menu pilihan sistem operasi yang tersedia.

BSoD Atau disebut sebagai bluescreen atau bugcheck pada Microsoft Windows NT, 2000 dan XP, BSOD adalah singkatan Blue Screen of Death dan merupakan layar penuh pesan kesalahan biru yang dihasilkan oleh sistem operasi Microsoft Windows. Berikut adalah beberapa contoh dari apa BSOD mungkin terlihat seperti.

Temporary file Atau disebut sebagai file foo, file temporer adalah file yang dibuat untuk menyimpan informasi sementara saat file sedang dibuat. Setelah program telah ditutup, file temporer harus dihapus. File sementara yang digunakan untuk membantu memulihkan data yang hilang jika program atau komputer yang abnormal dihentikan.

Microsoft Windows dan program Windows sering membuat file TMP sebagai file sementara..

Task Manager Sebuah perangkat lunak utilitas yang ditemukan dalam Microsoft Windows NT 4.0, Windows 2000, dan Windows XP yang memungkinkan user untuk melihat setiap tugas yang sedang berjalan pada komputer, setiap proses, dan kinerja keseluruhan komputer. Task Manager mudah diakses dengan menekan: “Ctrl + Alt + Del” pada keyboard. Di bawah ini adalah contoh visual dari Microsoft Windows Task Manager di Windows 2000. Cara cepat untuk mengakses Task Manager adalah dengan menekan: Ctrl + Shift + Esc.

bY: Ahmad rizal 2010

NB: Beberapa keterangan mengacu pada gambar, sedangkan gambar masih di’godhog’… revisi-revisi tunggu ajah…

nantikan link download PDFnya yah Gan!!!

About these ads
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada April 7, 2011 in Komputer

 

4 responses to “ISTILAH-ISTILAH KOMPUTER

  1. ab3duh

    Juni 5, 2011 at 3:59 am

    ijin sedot gan

     
  2. caxmad

    Juni 14, 2011 at 5:57 pm

    mana pak link nya….
    kok blum nongol2…

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: